Rabu, 25 Maret 2015

"Sejarah Perjuangan Bangsa Indonesia" Tugas Pancasila 03 Oktober 2013

SEJARAH PERJUANGAN BANGSA INDONESIA

      I.            Ringkasan
Menurut Iqbal Hasan, 2002, nama Indonesia berasal dari tulisan-tulisan : James Richardson Logan (Inggris); W.E. Maxwell, 1862; dan Adolf Bastian, 1889, (Jerman) Masehi. Dapat disimpulkan arti nama Indonesia mengandung 2 makna, geografis dan makna bangsa dalam arti politis.

Jaman Prasejarah Indonesia
Prasejarah adalah kehidupan suatu bangsa sebelum ada peninggalan tertulis. Nenek moyang bangsa Indonesia berasal dari daerah Yunani dan wilayah Timur Laut Indo China, membawa kebudayaan “Dongson”.
Tiga tingkat perbedaan kehidupan :
  1. Masa berburu dan mengumpulkan makanan
Manusia pada saat ini hidupnya tergantung dari alam sekitarnya dan umumnya tinggal di sekitar sungai, danau atau sumber air.
  1. Masa bercocok tanam
Manusia pada saat ini sudah mampu bercocok tanam dengan membuka huma dan mulai tinggal menetap dan membangun desa-desa.
  1. Masa perundagian
Manusia pada saat ini telah mampu membuat benda-bendadari logam, membuat rumah dari kayu, gerabah, barang dari logam dan perhiasan.
Masyarakat mulai mengenal perdagangan, dan berdasarkan peninggalan masyarakat tersebut telah mengenal kepercayaan dinamisme, animisme dll, telah mengenal pemimpin, gotong royong dan solidaritas dalam masyarakat. Artinya nilai-nilai Pancasila telah tumbuh dalam kehidupan bangsa Indonesia sejak jaman sejarah Indonesia.

Jaman Sejarah Indonesia
Sejarah Indonesia dimulai sejak abad kelima, ditemukan prasasti yang tersebut ditulis dengan huruf Pallawa dan Bahasa Sansekerta.
  1. Jaman Kuno
Adanya prasasti Kutei, yang menceritakan adanya Kerajaan Kutei dengan rajanya Mulawarman. Huruf dan bahasanya adalah India namun rajanya adalah orang Indonesia asli.adanya kerajaan Kalingga di Jawa Tengah dengan ratunya Sima yang terkenal keadilannya. Kerajaan Sriwijaya di sumatera dengan rajanya yang terkenal, Balaputera. Sriwijaya menjadi pusat agama Budha di Asia Tenggara, banyak orang Cina yang belajar agama Budha di sana. Di Jawa Tengah tumbuh kerajaan Mataram-Hindu dengan rajanya Sanjaya, yang mempunyai Borobudur. Keberadaan candi Borobudur dan Prambanan menunjukkan adanya kerukunan beragama antara Hindu dan Budha.kemudian adanya kerajaan Majapahit dengan rajanya Wijaya dan Patih Gajahmada dengan sumpah palapanya.
Dimasa Majapahit Pancasila telah berkembang dengan adanya semboyan Bhinneka Tunggal Ika tanhana Dharma Mangrwa. Demikian juga dengan ‘mitreka satata” yaiut hubnungan antar negara.
  1. Jaman Islam dan Kedatangan Bangsa Eropa
Masuknya agama Islam ke Indonesia adalah di antara abad 7- 13. Maka muncullah kerajaan – kerajaan Islam di Indonesia; diantaranya Samodrai Pasai, Demak,Tidore Goa dll. Kemudian masukklah bangsa barat, diawali dengan kedatangan Portugis di Malaka lalu diikuti oleh Spanyol. Karena terjadi persaingan antar Portugis dan Spayol maka dibuatlah perjanjian “Saragoza”, yang menetapkan Indonesia untuk Portugis dan Filipina untuk Spanyol.
Akhir abad ke-16 masuklah Belanda yang kemudian membentuk VOC, yang mempunyai hak-hak istimewa untuk menguasai perdagangan di Indonesia. Namun lama kelamaan Indonesia dikuasa oleh Perancis di bawah kekuasaan Jenderal Daendels dan Gubernur Jenderal Inggris Raffles.
  1. Perjuangan Indonesia Melawan Penjajah
Perlawanan bangsa Indonesia terhadap penjajahan;
1.    Perjuangan melawan Portugis dan Spanyol
Masuknya Portugis lewat Malaka 1511, mendapat perlawanan dari Katir dan Pati Unus dari Jawa. Di Maluku perlawanan dipimpin oleh Hairun dan dilanjutkan puteranya.
2.    Perjuangan melawan Belanda
-          Perlawanan melawan VOC 1602-1799
-          Perlawanan terhadap Hindia Belanda 1800-1904
-          Pergerakan nasional 1908-1939
3.    Perjuangan melawan VOC
-          Sultan Agung 1628 dan 1629
-          Perlawanan Kakiali, Telukabesi dan Saidi dari Maluku Utara    1635-1655
-          Perlawanan Sultan Ageng Tirtayasa dari Banten 1683
4.    Perjuangan melawan Pemerintah Hindia Belanda
             VOC jatuh tahun 1799, Indonesia dikuasai oleh Gubernur jenderal Daendels terkenal dengan kekejaman kerja rodinya. Lalu Gubernur Jenderal Van den Bosch dengan tanam paksa. Pada tahun 1870 ada seorang kaum liberal Belanda bernama baron van Hoevell yang kemudian menghentikan tanam paksa. Van De Venter mengusulkan “Trias van De Venter” yaitu  Edukasi, Irigasi dan Emigrasi/transmigrasi, sebagai politik Etis. Karena kebijakan tersebut maka lahirlah intelektual Indonesia maka lahir “Pergerakan Nasional”.
5.    Pergerakan Nasional
     Faktor yang mendorong timbulnya pergerakan nasional:
a.       Faktor luar negeri
b.      Faktor dalam negeri
-       Adanya Budi  Utomo
-       Tiga Serangkai
-       Perhimpunan Indonesia
-       Trikoro Darmo, Yong Java, Yong Ambon, dsb.
-       Lahirnya Kongres Pemuda yang melahirkan Sumpah Pemuda
6.    Perlawanan Terhadap Jepang
Kedatangan Jepang melarang pengibarabn bendera dan menyanyikan lagu Indonesia Raya. Mereka menerapkan romusha, mendirikan organisasi Tiga A. Jepang lebih kejam daripada Belanda, maka perlawanan pun muncul baik secara legal maupun illegal.
  1. Proses Perumusan Pancasila dan Undang-Undang Dasar 1945
-          Pembentukan BPUPKI yang menghasilkan Dasar Negara pada sidang pertama dan 5 dasar negara pada sidang kedua. Menurut Soekarno, lima sila dapat diperas menjadi Trisila, lalu diperas lagi mennjadi Eka sila yaitu gotong royong.
-          Pembentukan PPKI
-          Proklamasi Kemerdekaan 17 Agustus 1945
-          Pengesahan Undang-Undang Dasar
  1. Revolusi Fisik 1945-1949
-          insiden bendera di hotel Yamato, Tunjungan Surabaya
-          tanggal 10 November 1945 Surabaya digempur sehingga peristiwa tersebut disebut dengan Hari Pahlawan
-          persetujuan Linggarjati
-          agresi Militer Belanda pertama dan kedua
-          Konferensi Meja Bundar
-          Terbentuk negara RIS 27 Desember 1949
  1. Negara Kesatuan RI 1950-1959
-          RIS menyimpang maka kembali ke NKRI
-          Indonesia menjadi anggota PBB ke 60, 1950
  1. Masa antara 1959-1965
Terjadi beberapa peristiwa, namun yang paling  menghebohkan adalah     peristiwa G30 S PKI.


  1. Masa Orde Baru
Adanya Supersemar membuat presiden Soekarno digantikan oleh Soeharto. Pemerintahan Soeharto berusaha menjalankan pemilu setiap lima tahun dan mempunyai perencanaan pembanguna setiap lima tahun sekali. Namun tahun 1997 terjadi krisis ekonomi,  insiden penembakan mahasiswa yang membuat terjadinya demonstrasi. Maka Soeharto mengundurkan diri tanggal 21 Mei 1998.
  1. Masa Reformasi 1998-Sekarang
-            Awal reformasi dipegang Presiden habibie,
-            Abdul Rahman Wahid menjadi presiden,
-            Digantikan Megawati Soekarno Puteri
-            UUD mengalami amandemen sampai 4 kali
-            Adanya otonomi daerah


            Sejarah perjuangan bangsa Indonesia dalam mencapai kemerdekaan sering gagal karena dilakukan secara kedaerahan dan mengutamakan kekuatan fisik bukan intelektual. Perjuangan yang kemudian hari dapat diraih berkat kemampuan intelektual para pahlawan dan perlawanan yang solid secara bersama menjadikan Indonesia dapat merdeka.
            Setiap bangsa di manapun, termasuk Indonesia selalu menginginkan kemerdekaan. Ternyata dengan cara kekerasan hal tersebut sulit didapatkan.  Berdasarkan sejarah, Indonesia telah mengenal dan mengamalkan peraturan – peraturan yang kelak menjadi dasar hukum yang lahir di Indonesia. Peraturan itu berbeda dengan negara lain, yang menunjukkan itu adalah ciri khas bangsa Indonesia yang mengakui adanya Tuhan, keadilan dan pencapaian tujuan bersama. Keanekaragaman budaya dan kekayaan budaya Indonesia sangatlah luar biasa dan mencerminkan gotong royong.
Hendaklah kita menjadi bangsa yang maju dalam pendidikan dan teknologi karena akan membuat bangsa Indonesia lebih dapat eksis dalam dunia internasional. Indonesia adalah negara yang kaya, dimana kekayaan nya membuat bangsa lain datang untuk menguasai, sayangnya hal tersebut masih berlangsung smapai sekarang walaupun dengan cara berbeda dan berlindung di balik alasan politik.

III.            Kesimpulan
          Perjuangan bangsa Indonesia dalam memerdekakan diri dari penjajahan sangatlah panjang dan berliku. Perjuangan yang dimulai dengan sistem kedaerahan dan sporadis membuat perlawanan gagal. Namun seiringnya waktu, intelektual para pejuang meningkat dan mereka dapat memenangkan perjuangan.
            Indonesia menurut sejarahnya sangat berliku dalam memperoleh kedaulatan, penentuan Dasar negara melalu pertimbangan yang panjang yang ternyata dapat menjadi dasar dan pedoman Indonesia dalam menjalankan tujuan bersama mencapai kebahagiaan dan kesejahteraan bangsa. Hal ini menunjukkan bahwa para pejuang telah berpikir panjang demi Indonesia demikian pula isi undang undang Dasar 1945 yang mencerminkan dan menggariskan peraturan dalam kehidupan berbangsa.
Perjalanan panjang meraih kemerdekaan memberikan pelajaran, bahwa suatu negara akan mempunyai kedaulatan bila ada pemerintahan, aturan dan pengakuan dari dunia internasional. Demikian panjang dan beratnya perjuangan kemerdekaan dengan korban nyawa yang tidak sedikit, hendaklah menjadi kebanggaan kita sebagai penerus bangsa pengisi kemerdekaan.
Kekayaan sumber daya alam Indonesia adalah kekayaan dan milik bangsa yang merupakan kewajiban kita untuk menjaga dan memanfaatkan sebaik-baiknya bukan mengeksploitasi dengan berlebihan. Bagaiman hari ini menjaga alam, itulah ytabungan masa depan demi anak cucu bangsa Indonesia.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar